Monday, March 16, 2009

USB EXTENDER 22 Meter


USB Extender,..
Bagi mereka2 yg bergelut didunia Wireless, pasti tau persis dgn barang yg satu ini, mengapa tidak, barang inilah satu2nya yg bisa membuat perangkat wireless mereka berhasil menangkap sinyal WiFi di kejauhan.
Berbagai cara dan tehnik dilakukan, baik dari menggunakan merk kabel UTP tertentu ( misal Belden ), menambah regulator tegangan, hingga circuit elektronik.
Tapi kebanyakan dari tehnik tsb tidak bisa lebih dari 15~17 meter.
Berbagai tutorial telah ditulis, yg menurutku cukup menyesatkan, mengingat tingginya tingkat kegagalan yg dialami oleh beginner dan juga aku sendiri sempat terkecoh dgn kegagalan berdasarkan tutorial tsb.
Kenyataannya begini, untuk ukuran 10 meter ke atas, tepatnya dibawah 15 meter, USB extender berdasarkan tutorial aman2 aja, tapi begitu menginjak 15 meter keatas, siap2 aja dgn kegagalan.Karena tutorial tsb hanya utk ukuran 10~15 meter, begitu hematku.

Tetapi aku juga cukup berterima kasih dgn tutorial tsb, berkat panduannya lah aku gagal, lalu aku memeras otak dan bertekad kuat harus bisa, akhirnya aku berhasil menciptakan USB EXtenderku dgn panjang 22 meter menggunakan kabel UTP merk TELEBIT yg terkenal murah meriah tsb.

Untuk komponen, tidak banyak, cukup dengan kabel UTP Merk apa saja yg penting murah meriah ( karena itulah tujuannya, semurah mungkin, kalo bisa usahakan yg bekas pakai , dan jangan merk Belden ), panjangnya terserah, yg pasti aku baru berhasil 22 meter, so ukuran dibawah atau setara itu udah cukup.


Terus komponen berikutnya yaitu dioda 1 Ampere dan Zener, lalu konektor USB pair, trus konektor PSU.
Semua bahan dirangkai menjadi satu unit dgn spesifikasi injector 5 V+ dari Power Supply.
Mudah bukan??!!!
Kalo ngga paham, baca aja artikel ttg USB di Wikipedia.



Nanti aku akan nyoba ukuran 35 meter, lagi dlm tahap pengerjaan, dan semoga aku bisa melanggar kodrat alam nya USB.


The Secret Box
NB: Khusus utk experties.

1 comment:

  1. saya masih bingung bro tentang detail pembuatan rangkaian dioda dan injektor 5v+... bisa di terankan lebih jelasnya bro?

    ReplyDelete